Powered by Blogger.
RSS

Tips Tidur Lelap Sepanjang Malam

Anda sulit tidur atau kurang tidur setiap harinya? Anda pasti merasa lemas saat bangun pagi dengan waktu tidur yang kurang, rasanya seperti melayang, dan hasilnya Anda akan mengantuk sepanjang hari dan semua pekerjaan Anda terabaikan. Jika Anda mengalami situasi seperti itu, Griya Cantik ingin membagi 13 tip agar tidur Anda teratur dan lelap setiap harinya.



Stick to a schedule

Buatlah jadwal tidur Anda dan pukul berapa Anda bangun dipagi hari dan ikuti jadwal tersebut. Jika 1 kali saja Anda melenceng dari jadwal tidur Anda, maka akan sulit untuk mengembalikan kebiasaan tidur Anda seperti yang telah dijadwalkan.

Hindari caffeine

Tentu Anda mengerti bahwa meminum caffeine di sore hari menjelang malam akan menyebabkan Anda sulit tidur. Namun apakah Anda tahu bahwa meminumnya di atas pukul 2 siang juga dapat membuat Anda sulit tidur pada malam hari? So, avoid any kind of caffeine after 2 pm, will be a good step for a better sleep.

No alcohol, please!

A glass of wine before sleep will help you sleep, right? Actually no! Seorang researcher Amerika J. Todd Arnedt dari University Of Michigan, pada Mei 2011 menyatakan, alkohol akan membantu Anda tidur untuk 2-3 jam saja, setelah itu, Anda, khususnya wanita akan terbangun terus sepanjang malam, dan hal ini tentu saja mengurangi waktu tidur Anda yang normalnya 8 jam setiap malam. 

Olahraga ringan

Tidak perlu olahraga berat seperti angkat barbell atau push up 100 kali. Cukup jogging di pagi dan sore hari saja dapat membantu Anda tidur lelap malamnya.

Segelas susu hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur adalah ritual menenangkan dan memiliki manfaat tambahan untuk memberikan rasa kantuk yang luar biasa. Buatlah segelas kecil saja sehingga Anda tidak perlu bangun untuk ke kamar mandi.

Kurangi rokok!

Jika Anda belum bisa menghentikan kebiasaan ini, paling tidak jangan menghisapnya setelah pukul 7 malam. Rokok bersifat stimulant, sama seperti caffeine.

Matikan semua gadget!

Ini mungkin tidak mudah, tetapi mematikan Wii, iPad dan perangkat teknologi lainnya akan membantu Anda bersantai sebelum tidur. Menurut Allison Harvey, Sleep and Psychology Professor di University of California, Berkley, penggunaan teknologi interaktif di malam hari dapat menyebabkaninsomnia. Harvey mengatakan cahaya dari layar dapat mengacaukan body’s circadian rhythm, yang mengakibatkan gangguan tidur. Jauhi gadget Anda selama 1 jam dengan bersantai, dan jangan periksa gadget Anda sepanjang malam!

Cool It!

Tidur akan lebih lelap saat dingin. Studi menunjukkan bahwa suhu ideal untuk tidur adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius (65 – 72 derajat F). Menurut Craig Heller, Ph.D., seorang profesor biologi diStanford University, saat Anda tidur, atur suhu tubuh Anda dengan suhu otak Anda, cara mengetahuinya adalah saat Anda merasa nyaman dengan suhu kamar atau ruang tidur Anda.

Kurangi cahaya

Berikan sinyal pada tubuh Anda bahwa ini waktunya untuk wind down, dengan cara redupkan cahaya lampu, atau bahkan matikan lampu hingga gelap agar mata dan pikiran Anda beristirahat.

Earplug!

Suara-suara berisik akan sangat mengganggu ketika kita sedang berusaha untuk tidur. Pakailahearplug, atau penyumbat telinga agar tidak mendengar suara-suara ribut disekitar Anda.

Comfort is everything

Jangan ragu menghabiskan sedikit uang untuk bantal dan guling yang nyaman diatas tempat tidur Anda. Ganti semua bantal Anda yang keras, dan beralihlah ke yang empuk. Namun hal ini tidak berlaku buat kasur Anda. Jika kasur Anda sudah tidak lurus lagi atau bengkok, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru jika Anda tidak ingin badan Anda keseleo atau pegal-pegal di pagi harinya.

Meditasi

Meditasi sangat baik untuk melepas beban pikiran Anda setelah seharian bekerja dan lelah. Tariklah nafas sedalam-dalamnya, relaksasikan otot-otot Anda dengan meditasi sebelum Anda tidur. Musik yang tenang juga dapat mendukung meditasi Anda.

Sinar Matahari Pagi

Mendekor kamar Anda dengan semua yang hitam agar gelap tidak baik dan belum tentu menyelesaikan masalah. Biarkan ruangan Anda apa adanya, biarkanAnda terbangun karena cahaya matahari pagi. Hal ini selain baik untuk kesehatan Anda, akan menjaga interval tidur Anda.

Tidur adalah sesuatu yang berharga bagi kehidupan manusia. Jika Anda berpikir, tidur malam dapat digantikan dengan tidur siang, itu salah. Tidur malam tidak tergantikan, karena dimalam hari sel-sel tubuh kita melakukan perbaikan dan tetap bekerja. Bayangkan jika organ tubuh Anda bekerja dalam keadaan Anda masih bangun, pasti akan terasa lelah, karena tubuh kita harus bekerja ekstra. That’s why, sleeping is important, dan kita harus menjaganya tetap teratur agar tetap sehat dan segar setiap hari. Take care, Beauty Lovers!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment