Powered by Blogger.
RSS

Tips Atasi Siku Tangan dan Lutut Kaki yang Kasar


Siku tangan dan lutut kaki yang kasar dan gelap merupakan masalah yang umum terjadi dan hampir setiap orang mengalami hal ini. Karena hal ini terkadang kita menjadi kurang percaya diri dengan diri kita sendiri. Adakah cara untuk mengatasi masalah ini?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya kita pahami dahulu penyebab yang membuat siku tangan dan lutut kaki berubah jadi kasar dan gelap. Kulit menjadi kasar dan menggelap pada daerah siku-siku tangan dan lutut kaki ini bisa jadi dikarenakan kurangnya pengelupasan kulit, terlalu sering terpapar cahaya matahari, dan kondisi kulit yang kering. Kulit di sekitar lutut kaki dan siku tangan memiliki lipatan sehingga hal ini yang membuat kulit kita jadi semakin mudah berubah menjadi lebih gelap.

Namun, jangan khawatir lagi, dengan penanganan yang tepat seperti menjaga kebersihan dan rutin melakukan pengelupasan kulit atau yang biasa disebut exfoliation masalah ini dapat diminimalisir. Berikut 4 cara ampuh yang dapat Anda terapkan di rumah, yaitu:
  • Moisturize

Salah satu penyebab timbulkan kulit yang kasar dan menghitam di area siku dan lutut adalah karena kondisi kulit yang kering. Kulit yang kering mudah sekali mengelupas dan jika tidak di bersihkan akan menumpuk dan membuat siku dan lutut semakin kasar. Lakukan pengelupasan kulit/exfoliation secara rutin agar sel-sel kulit yang mati bisa tergantikan dengan sel-sel kulit yang baru.
Jangan lupa untuk selalu melembabkan kulit Anda dengan body lotion setelah melakukan exfoliation/pengelupasan kulit. Gunakan body lotion/pelembab kulit yang mengandung shea butter, jojoba oil karena bahan-bahan ini selain dapat melembabkan kulit juga berguna untuk mencerahkan kulit. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk membantu melembabkan kulit.
  • Lemon

Air perasan lemon dapat mencerahkan siku-siku tangan dan lutut kaki yang menghitam. Cara aplikasinya, potong lemon menjadi 2 bagian lalu gosok-gosokkan ke siku-siku tangan dan lutut kaki. Biarkan sampai kering selama 5-10 menit. Dengan menggunakan batu apung, gosok-gosokkan pada daerah tersebut.
  • DIY Homemade Scrub

Anda juga bisa membuat resep scrub sendiri dengan menggunakan baking soda atau garam dengan air perasan lemon. Baking soda ini dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati. Cara membuatnya campurkan air perasan lemon dengan baking soda secukupnya. Cara mengaplikasikannya cukup dengan mengoleskan campuran tersebut ke siku dan lutut dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  • Skin Bleaching

Vitamin E bisa Anda gunakan sebagai bahan utama untuk membuat resep alami lain untuk membantu mencerahkan siku tangan dan lutut kaki yang menghitam. Campurkan 1 sdt vitamin E, 1 sdt air perasan lemon, 1 sdt glycerine, dan 4 sdm susu. Aplikasikan homemade scrub ini pada siku tangan dan lutut lalu biarkan selama 10-15 menit lalu basuhlah dengan air.

Pengelupasan kulit/exfoliation memang menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatasi masalah ini tapi Anda juga tidak boleh berlebihan. Karena jika Anda melakukan pengelupasan kulit terlalu sering juga dapat membuat kulit Anda jadi semakin kasar dan menghitam. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus lebih bersabar. Untuk bisa mendapatkan siku tangan dan lutut kaki yang halus dan cerah tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Be patient girls!Semoga Membantu!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment